Surat Al – Fill


Assalamu`alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Alhamdulillah, segala puja dan puji hanya bagi Allah, Tuhan semesta alam yang masih memberikan kesempatan kepada kita untuk hadir di sini. Salawat dan salam tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw, kepada keluarganya, sahabatnya serta umatnya hingga akhir zaman.
Pada pertemuan kali ini kita bakalan tadabur Qur’an surat Al-Fiil. Tau surat ini, khan? Ada yang tau artinya, nggak? Iya, benar ….. artinya adalah gajah. Yuk kita baca bareng-bareng ……
Nah sekarang kakak bacain arti suratnya, yaaa…
Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah? Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia? Dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong, yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan ulat.(Q.S. Al-Fiil (105):1-5).
Surat ini termasuk golongan Makkiyyah karena diturunkan di Mekah. Diturunkan setelah surat Al-Kaafiruun. Nama “Al-Fiil” diambil dari kata “Al-Fiil” yang terdapat pada ayat pertama surat ini, artinya “gajah”. Surat ini menceritakan tentang pasukan bergajah dari Yaman yang dipimpin oleh Abrahah yang ingin meruntuhkan Ka’bah di Mekah. Ada yang tau, gak, kapan peristiwa ini terjadi? Peristiwa ini terjadi pada tahun Nabi Muhammad dilahirkan. Kenapa Abrahah ingin meruntuhkan Ka’bah? Karena, konon katenye, bani/golongan yang dapat menguasai Ka’bah itu dikatakan sebagai bani yang paling kuat. Tetapi, sebelum Abrahah sempat mendekati ka’bah, dia dihadang oleh kakeknya Nabi Muhammad (ayo… siapa nama kakeknya Nabi Muhammad?) yang ketika itu dipercaya untuk menjaga Ka’bah. Terjadi negosiasi untuk tidak menghancurkan Ka’bah, tetapi Abrahah tidak setuju. Dia tetap ingin menghancurkan dan menguasai Ka’bah. Abrahah tetap mengirim pasukannya dengan kendaraan gajah, karenanya disebut pasukan/tentara bergajah. Maksud jahat Abrahah tidak sempat terlaksana, karena Allah, yang menjaga dan memelihara Ka’bah, menggagalkan maksud jahat tersebut dengan mengirimkan burung-burung Ababil kepada pasukan tersebut. Burung-burung itu membawa batu-batu api neraka, yang dilemparkan kepada mereka, sehingga mereka musnah seperti daun-daun yang dimakan ulat. Tau nggak kalo saat itu Nabi Muhammad sudah hampir lahir? Iya lho! Karenanya, untuk memuliakan kelahiran manusia yang paling mulia, Allah menjadikan kota Mekah aman dari gangguan orang-orang jahat.
Surat ini menjelaskan tentang kekuasaan Allah swt, bahwa apabila Dia sudah menghendaki sesuatu agar terjadi (atau agar tidak terjadi), maka tidak ada seorang pun yang mampu menghalangi tindakannya (Q.S. Yassin: 82), sekuat apapun mahluk yang ada di bumi tidak akan mampu menandingi kekuatan Allah swt. Mau bukti? Buktinya, yaa udah jelas surat Al-Fiil tadi. Seekor gajah aja udah besar, gimana kalo sepasukan? Pasti besaaar banget. Tapi, yang besaar banget itu bisa kalah sama batu-batu (kerikil) yang dibawa ama burung-burung.
Selain itu, surat ini pun memberi tahu kita bahwa sesuatu atau siapapun kalo sudah dimuliakan oleh Allah, maka Allah akan menjaganya (QS Ali Imron:26-27). Contoh lain selain Ka’bah adalah Al Qur’an. Allah sudah berjanji dalam Al Quran bahwa Dia akan menjaga kesucian Al Qur’an sampai akhir zaman. Dan memang sudah terbukti bahwa Dia menjaga Al Qur’an, karena sampai saat ini belum ada orang yang berhasil memalsukan Al Qur’an, dan tidak ada seorang pun yang bisa membuat kata-kata/kalimat seindah yang terdapat di Al Qur’an (QS Yunus: 37-38). Coba bandingkan dengan Injil. Injil yang ada saat ini bukanlah Injil yang asli (yang diturunkan kepada Nabi Isa), tetapi sudah diganti seluruh isinya semenjak Nabi Muhammad belum menjadi Nabi dan sampai sekarang masih ada penambahan-penambahan isi Injil.
Surat ini pun memberitahukan bahwa bila manusia melakukan kesombongan pasti akan mengalami “kehancuran” dalam bentuk apapun, baik fisik maupun psikologis. Selain itu, kita diperintahkan untuk tidak berjalan di muka bumi ini dengan kesombongan (QS Al Israa’: 37). Ingat kisahnya Fir’aun gak? Dia sudah diazab Allah dengan ditenggelamkan di dalam laut bersama pengikutnya, karena dia sudah sangat sombong dan mengaku-ngaku dirinya adalah Tuhan. Untuk contoh kesombongan di abad XX kemarin, yaitu kisah kapal pesiar “Titanic”. Tau kisahnya, khan?
Bukan Leonardo Di Caprio or Kate Winslet-nya yang mau diceritain, tapi tentang kesombongan pemilik dan (kalo gak salah) nahkoda kapal itu. Sebelum keberangkatan dan juga sebelum peresmian, dia sudah menggembar-gemborkan kehebatan kapal ini.
Tentang kekuatannya, kecepatannya dan kehebatan-kehebatan lainnya, seakan-akan kapal ini kapal ajaib yang bisa lolos dari bahaya. Ternyata, pada pelayaran pertama, kurang lebih 1,5 jam sebelum tiba di New York, kapal ini menabrak gunung es dan tamatlah riwayat kapal ini. Kapal ini tidak pernah mengadakan perjalanan kedua, ketiga, dst, bahkan pelayaran pertama pun tidak sampai ditempat tujuan. Itulah akibat kesombongan dari pihak pemilik kapal dan juga para penumpang yang kebanyakan para bangsawan dan orang-orang kaya.
Please do not use illegal software… masih banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari surat Al-Fiil ini, tapi untuk saat ini cukup segini dulu aja, yaa…semoga bermanfaat untuk adik-adik semua.
Wassalamu`alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
By: Anonim Bogoriense (Materi Mentoring Islam SMP)

About these ads

2 Tanggapan to “Surat Al – Fill”

  1. yuliyawati Says:

    Assalamualaikum Wr.Wb..

    alhamdulillah ketemu juga mentoring SMPnya…
    jazakallah ya…

  2. Fatimah Says:

    Aslm..kakak materinya bagus..tapi pusing bacanya cz hurufnya terlalu kecil,


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: