Kesempurnaan Agama Islam 1


Assalamu’alaikum Wr. Wb!!

Alhamdulillah, alladzi arsala rosulahu bil huda wa dinil haq, liyuzhhirohu ‘alad dini kullihi, wa lau karihal musyrikun. Asyhadu alla ilaha illallah, wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuluhu. Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma’in.

Suatu Hari di Bukit Shafa

Adik-adik sekalian, kakak mau cerita tentang suatu hari di bukit shafa. Suatu tempat di dekat kota Mekkah. Pada waktu itu nabi kita Muhammad SAW beserta para shahabatnya sedang akan melakukan shalat berjama’aah.

Seperti biasa sebelum shalat dimulai, Rasulullah merapikan barisan/ shaf ma’mum shalat berjama’ah di belakangnya. Lalu beliau berkata : “Luruskankanlah shaf kalian! Luruskan telapak kaki dengan telapak kaki, pundak dengan pundak! Dan lemah lembutlah terhadap tangan saudara kalian”. Kemudian shalat berjama’ah pun dimulai dengan khusyunya.

Adik-adik, tahukah kalian siapa saja orang-orang yang hadir saat itu? Mereka adalah shahabat-shahabat Rasul. Mereka adalah orang-orang yang lebih awal beriman kepada kenabian Rasulullah SAW dan kepada agama Islam ini. Mereka adalah As Sabiqun Al Awwalun! Mereka adalah orang-orang pilihan.

Dari Berbagai Kalangan Manusia

Di antara mereka ada yang masih anak-anak. Ada yang tua. Ada yang muda. Ada yang kaya. Ada yang miskin. Ada tokoh terkenal. Ada orang yang tidak terkenal. Ada cerdik pandai dan terdidik. Ada yang ummi dan buta huruf. Ada yang berstatus budak. Ada yang berstatus sebagai orang merdeka. Jumlah mereka bisa dihitung dengan jari dan tidak lebih dari seratus orang.

Rasulullah SAW berkumpul bersama orang-orang pilihan ini di tengah-tengah bukit Shafa. Beliau menyirami mereka dengan semangat spiritual, menuntun mereka membaca kitab Allah yang agung, dan mendiktekan ayat-ayat Allah. Dan … dari mereka itulah beliau membangun umat yang baru. Dengan da’wah baru dan untuk dunia baru!! Dari merekalah munculnya kebangkitan Islam sehingga mereka pernah disebut umat yang terbaik.

Umat yang Terbaik

Allah berfirman: “Kalian adalah ummat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah …” (QS 3 Ali ‘Imran : 110)

Adik-adik sekalian, kakak sangat mengharapkan diri adik-adik dan juga mudah-mudahan – kakak tentunya – dapat menjadi seperti orang-orang pilihan yang pernah ada di hadapan Rasulullah SAW. Kelompok manusia pilihan tersebut dimulai dari anak usia 9 tahun hingga orang dewasa berusia 40 tahun. Mereka adalah orang-orang yang memiliki keimanan yang benar. Penuh keyakinan! Tanpa ada keraguan!!

Allah berfirman: “Sesungguhnya orang-orang mu’min adalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjihad dengan harta dan jiwa mereka di jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar” (QS 49 Al Hujurat : 14)

Mereka memahami akan kebenaran dan kesempurnaan ajaran Islam. Mereka faham bahwa Islam bukanlah agama yang dibuat-buat oleh seseorang yang bernama Muhammad. Bukan!! Mereka faham sepenuhnya bahwa Islam yang mereka pegang teguh adalah agama Allah. Islam adalah wahyu ilahi. Agama yang telah Allah wahyukan melalui hamba-Nya yang Dia kehendaki yaitu Muhammad SAW.

Apa itu Islam?

Nah adik-adik, kakak tanya sekali lagi? Islam itu apa sih?

Adik-adik, ada sebagian orang yang kalau ditanya pada mereka : “Apa itu Islam?”. Maka mereka menjawab: “Islam adalah Isya, Subuh, Lohor, Ashar, Maghrib!!”. Nah, kalau adik-adik pernah dengar yang satu ini maka ketahuilah bahwa jawaban itu adalah salah besar. Mengapa? Karena “Islam” bukanlah sebuah singkatan. Bukan seperti SMP! Apa itu SMP? “Sudah makan, pulang!!”

Menurut bahasa aslinya (bahapa apa ayo?) Islam itu :

1. berarti “tunduk patuh”;

2. juga berarti “berserah diri

3. bisa juga berarti “suci bersih

4. juga berarti “selamat dan sejahtera

5. dan juga berarti “ perdamaian

Nah, tunduk patuh, berserah diri, suci bersih, selamat dan sejahtera, serta kedamaian adalah arti dari kata Islam.

Coba kita ulangi lagi 5 arti kata Islam yang sudah disebutkan tadi! Apa saja?

Definisi Islam

Nah kalau adik-adik ditanya oleh siapa pun juga tentang apa itu Islam, maka jawablah dengan mantap. Islam adalah ketundukan kepada :

wahyu ilahi

yang diturunkan kepada nabi dan rasul-Nya, khususnya Muhammad SAW

sebagai aturan atau pedoman hidup

yang membimbing manusia kepada jalan yang lurus

menuju pada kebahagiaan dunia dan akhirat.

Coba kita ulangi lagi apa itu Islam? Ya, bagus!! Siapa tahu keluar di ulangan agama lho!! Kalau nggak, ya nggak apa-apa kan?

Manusia-manusia Mulia

Nah adik-adik, itulah Islam yang dibawa oleh nabi kita Muhammad SAW. Dan beliau adalah hamba Allah yang mulia karena merupakan teladan bagi kita dalam melaksanakan aturan Allah dalam kehidupan.

Kemudian para shahabat adalah bukti nyata manusia-manusia yang menjadi mulia di sisi Allah dan di hadapan makhluk-makhluk ciptaan-Nya, termasuk manusia, karena telah membuktikan keimanan mereka dengan taat kepada aturan Allah dan taat kepada Rasul Allah.

Mereka semua telah menjadi manusia pilihan dikarenakan keimanan mereka. Mereka telah tercatat di dalam sejarah hidup manusia. Mereka telah menjadi pembela agama Allah. Agama Islam yang sempurna ini.

Adik-adik, untuk membahas kesempurnaan Islam lebih jauh lagi, kakak rasa harus dibahas di lain waktu saja. Insya Allah di pertemuan selanjutnya.

Kesimpulan

Cukuplah hari ini kita simpulkan bahwa seorang muslim adalah seorang yang tunduk patuh dan berserah diri kepada Allah. Seorang muslim jika ingin membuktikan keislamannya harus taat dan patuh melaksanakan aturan-aturan Allah. Seorang muslim menjadikan Islam agamanya sebagai pedoman hidupnya. Setiap langkah dan perbuatan dalam hidupnya mengikuti aturan-aturan Allah. Dan ia mencontoh kepada Rasulullah SAW yang menjadi teladan dalam melaksanakan Islam. Semua ini dilakukannya karena ia tahu bahwa Islam adalah jalan yang lurus. Jalan yang lurus ini akan membawanya kepada kebahagiaan. Kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Wallahu a’lam bishawab

Wassalamu’alaikum Wr Wb!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: