Marhaban Ya Ramadhan


Marhaban Ya Ramadhan……
Marhaban Ya Syahrosh Shabar

Tujuan:

· Pembaca mengetahui keutamaan Bulan Ramadhan yang suci
· Pembaca termotivasi untuk banyak beribadah di Bulan Ramadhan
· Pembaca memahami makna sebenarnya dari ibadah shaum (puasa)
· Pembaca mengetahui dan memahami cara melaksanakan ibadah puasa dengan baik dan benar

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah…yah…kata itulah yang pantas kita ucapkan dalam setiap aktivitas kita, terlebih pada saat ini. Kenapa coba..???.. Ayo siapa yang bisa jawab??..Ya betul!! Karena sampai detik ini kita masih bisa menghirup udara segar, masih dapat melihat keindahan alam yang sangat indah, masih bisa bersuara dan berkicau (emang burung..), mendengar suara indah dari kakak, adik-adik masih bisa merasakan nikmatnya ujian matematika di sekolah. Juga..tau nggak??.. Sebentar lagi kita akan kedatangan tamu yang agung. Tau gak siapa??.. Yang jelas tamu ini bukan temen kalian yang datang ke rumah ngajakin maen play station. Juga bukan tukang kredit yang mo nagih utang. Tamu ini adalah sebuah Bulan yang sangat suci..bulan yang di dalamnya terdapat malam yang lebih baik daripada 1000 bulan…bulan yang di dalamnya seluruh umat Islam bersuka ria.. bulan itu adalah bulannnnn Ramadhan. Ya..betul Bulan Ramadhan yang disebut juga Bulan Sabar.
Adik-adik.. sebelum kita lanjutkan… Kakak mo ngasih oleh-oleh buat adik-adik. Oleh-olehnya bukan kue atau roti .. tapi … sebuah nasyid yang kakak persembahkan buat adik-adik dalam rangka menyambut kedatangan Bulan Ramadhan. Ini dia syairnya..judulnya “Marhaban Ya Ramadhan”Dengerin yach…

Kini t’lah datang Bulan Ramadhan menghampiri kita
Bulan mulia .. barokah dan sejahtera
Allah telah memberikan .. bulan yang penuh pengampunan
Dan Rasul pun telah mengagungkan bulan kerahmatan

Sambutlah kedatangannya .. Tunaikanlah perintah-Nya…
Teguhkanlah hati kita ..
Agar dapat derajat Taqwa…
Ayo kita sama-sama puasa .. di Bulan Ramadhan.

Semoga puasa senantiasa menjaga kita
Walaupun ujian menghadang tetaplah bersabar

Allah telah menjanjikan… Surga yang penuh kenikmatan
Rasa sayangku kepadamu… Nan bertambah selalu
Hindarilah kata dusta..Perangilah nafsu kita… Sucikanlah jiwa raga..
Agar dapat derajat Taqwa…
Sabar dan tawakallah di Bulan Ramadhan.

Adik-adik.. Bulan Ramadhan adalah bulan yang berkah dan mulia, Bulan yang di dalamnya Allah melimpahkan berbagai keutamaan.
Apa aza sich keutamaan Bulan Ramadhan sampai-sampai para shahabat Nabi sangat ceria sekali..bahkan jauh-jauh hari sudah mempersiapkan diri untuk menyambut bulan ini…??
Apa aza sich keistimewaannya sampai Allah dan Rasul mengagungkan bulan ini..?? Ayo kita bahas satu persatu OK!!

Keutamaan Bulan Ramadhan

1. Bulan Ramadhan sebagai Bulan Al Qur’an

Adik-adik tau Al Qur’an … ?? Yach betul … Al Qur’an adalah kitab suci yang Allah turunkan lewat Nabi Muhammad saw. melalui Malaikat Jibril untuk dijadikan sebagai pedoman hidup umat manusia untuk kebahagiaan dunia dan akhirat. Saya yakin adik-adik masih ingat.. ketika pada suatu hari Nabi Muhammad sedang berkholwat (menyendiri) di sebuah tempat … namanya Gua Hira … disitulah pertama kali Nabi Muhammad saw. mendapat wahyu dari Allah melalui malaikat Jibril, yaitu Surat Al Alaq 1-5. Adik-adik tau kapan itu terjadi..?? Yah… itu terjadi pada tanggal 17 Ramadhan. So.. Bulan Ramadhan adalah bulan Al Qur’an. Allah Ta’ala menurunkan kitab-Nya yang mulia sebagai petunjuk bagi umat manusia, sebagai obat penenang kepada kaum Mukminin, penyuluh kepada yang benar, yakni pada malam Lailatul Qadar di bulan Ramadhan yang berkebajikan.
Kalo gak percaya .. ayo kita lihat di Al Qur’an ayat 185. “Pada Bulan Ramadhan yang diturunkan Al Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan keterangan dari petunjuk, dan memperbedakan (antara yang hak dan yang batil), maka barangsiapa yang hadir diantara kamu di bulan itu hendaklah ia berpuasa.”

2. Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya Setan Diborgol, Pintu Neraka Ditutup dan Pintu Surga Dibuka

Pada bulan yang berkah ini kejahatan berkurang di muka bumi karena jin ifrit diborgol, tidak diberi kebebasan merusak umat manusia seperti pada bulan-bulan lainnya karena Kaum Muslimin sedang sibuk menunaikan Ibadah Puasa yang merupakan pengekang syahwat, membaca Al Qur’an dan berbagai ibadat lainnya, sebagai pendiik dan pembersih jiwa. Karena itulah pintu-pintu neraka ditutup dan pintu-pintu surga dibuka, karena amal sholeh pada waktu itu timbul dan kata-kata baik meluap-luap.
Rasulullah saw bersabda, “Apabila tiba Ramadhan maka dibukalah pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu api neraka dan diborgollah setan-setan” (HR Asy-Syaikhan).
Dalam kesempatan yang lain Rasulullah saw. bersabda,”Pintu-pintu rahmat dibuka, pintu-pintu jahannam ditutup dan setan-setan dirantai” (HR Muslim).

Diborgolnya setan di sini bukan berarti tak ada setan di sekeliling kita. Yang namanya setan itu ada dua..ada yang dinamakan Jin dan ada yang berbentuk manusia yang memang perilakunya menyerupai setan yakni selalu mengajak kepada kejelekan (jadi…kalo ada temen yang ngajak nyontek atau bolos sekolah .. hati-hati .. dia itu adalah … ???). Kedua jenis setan ini sampai hari kiamat akan ada untuk menjerumuskan manusia ke jurang kemaksiatan. Di Bulan Ramadhan kaum Muslimin sedang melakukan ibadah puasa, sehingga kaum Muslimin sendiri mempunyai daya tahan untuk mencegah masuknya setan ke dalam tubuh kita (aliran makanan yang merupakan jalan masuknya setan jadi sempit). Coba dech … kalo lagi puasa kita khan haus dan lapar … sehingga kita termotivasi untuk sabar dan menahan syahwat dalam diri kita, baik syahwat untuk marah, syahwat untuk berfikiran yang aneh-aneh terhadap lawan jenis, dll. Terlebih lagi memang pada bulan itu kita dianjurkan untuk senantiasa berbuat kebajikan, karena pahalanya berlipat-lipat, kaya’ baca Al Qur’an tiap hari, nolongin temen kita, berkata yang sopan dan baik-baik, bersedekah dan ibadah yang lainnya.

3. Bulan Ramadhan yang didalamnya terdapat Malam Lailatul Qadar

Adik-adik … Al Qur’an mengagungkan kondisi malam Lailatul Qadar dengan kemuliaan. Kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan. Nilai taat dan ibadah pada malam itu lebih baik dibanding ibadah 1000 bulan. Subhanallah … Masya Allah .. adik-adik tau gak .. ?? 1000 bulan itu = 83 tahun lebih 4 bulan alias 30.000 hari. Tau gak artinya … ??? Artinya 1 malam yang sangat mulia ini disetarakan dengan ibadah selama ± 83 tahun. Bayangkan ..!! Padahal umur manusia khan jarang yang nyampe 83 tahun. Sungguh beruntung orang yang mendapat rahmat Allah pada malam tersebut. Malam itu malaikat turun membawa rahmat Allah, keselamatan berkibar-kibar sampai terbit fajar.
Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa berdiri (beribadah) pada Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni (HR Bukhari).”
Pernah Nabi saw. berkata kepada para sahabatnya “Bulan Ramadhan telah menaungimu, bulan yang penuh mulia ini telah datang di tengah-tengah kamu, di dalamnya terdapat suatu malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Barangsiapa yang tidak mendapatkannya, maka ia telah kehilangan kebaikan, seluruhnya, dan tidak ada orang yang tidak mendapatkannya kecuali orang-orang yang merugi” (HR Ibnu Majah).

· Kapan sich datangnya malam Lailatul Qadar … ???

Lailatul Qadar terjadi dengan pasti di bulan Ramadhan. Dalam berbagai hadits ada yang menjelaskan Lailatul Qadar itu datang pada 10 malam terakhir yang ganjil Ramadhan, ada yang 7 hari terakhir Ramadhan, ada yang tanggal 27 Ramadhan. Tetapi … yang jelas … adik-adik harus meyakini bahwa Allah swt mempunyai hikmah yang sangat besar dalam menyembunyikan (tanggal yang pasti) tentang Lailatul Qadar. Kenapa coba ..?? Coba dech … kalo tanggal turunnya udah dipastiin … mungkin kalian getol sholat dan beribadah pada malam itu .. tapi .. ada kemungkinan besar ibadah pada hari-hari lain akan kendor, tul gak ..??? So, …khan kalo gak ditentuin … kita akan terus termotivasi dan terdorong untuk banyak-banyak beribadah di setiap malam. Ok!!!
Adik-adik … Allah menciptakan manusia bukan tanpa tujuan adik-adik, melainkan agar manusia mengenal dan menyembah-Nya sebagaimana yang difirmankan dalam Al Qur’an surat Adz Dzariyat ayat 56, “Wamaa kholaqtuljinna wal insa illa liya’buduuniyang artinya “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.”
Ibadah kepada Allah bermacam-macam jenisnya. Ayo … sebutkan apa aja coba contohnya!!??..? Nach .. diantara ibadah-ibadah tadi ada yang namanya ibadah puasa, yang dalam bahasa arabnya adalah “shaum”. Di Bulan Ramadhan ini seluruh umat Muslim di dunia diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Makna puasa (shaum) adalah menahan diri dari sengaja makan, minum, melakukan hubungan suami isteri selama sehari penuh dengan niat menjalankan perintah Allah dan mendekatkan diri (taqorrub) kepada-Nya. Ini bisa kita lihat di Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 187.
Tapi adik-adik … ternyata shaum tak hanya menahan lapar dan haus, tapi juga menahan anggota tubuh kita dari hal yang buruk, menahan diri kita dari segala hal yang maksiat dan sesuatu yang tak diridhoi Allah, seperti berbohong, ngerumpi, nyontek, ngelawan ke guru dan orang tua, pacaran, sering marah, ngejelekin orang, menyakiti temen, musuh-musuhan ama temen sekelas, bolos sekolah, dan seabrek aktivitas mubazir lainnya. Semua itu harus kita tahan. Sebab kata Nabi Muhammad saw. “berapa banyak orang yang berpuasa, tapi tak mendapatkan apa-apa dari puasanya selain lapar dan haus.” Tapiiii…. bukan berarti setelah mengerjakan shaum, hal-hal yang demikian itu kita lakukan lagi. Justru bulan puasa ini sebagai latihan untuk menahan segala kemaksiatan manakala bulan puasa ini usai.
So.. mari kita jadikan puasa sebagai sarana untuk melatih kita untuk mendekatkan diri kepada Allah … OK!!!

· Hati Kita Harus Puasa Juga Lho!!!

Adik-adik tahu apa itu hati?? Setiap makhluk pasti mempunyai hati. Secara maknawi, hati itu ada dua, ada hati yang mati, sengsara dan menderita, itulah hati kaum kafir, munafik dan kaum yang senantiasa durhaka kepada Allah swt. Ada hati yang senantiasa hidup, disinari oleh cahaya Allah, itulah hati orang-orang mukmin.
Hati seorang mukmin haruslah senantiasa puasa dari rasa sombong dan ujub. Adik-adik pasti masih ingat bahwa sombong itu adalah sifat setan. Setan merasa dirinya hebat, sehingga berarti melanggar perintah Allah. Yang berhak untuk sombong hanyalah Allah. Manusia tidak pantas menjadi seorang yang sombong karena dirinya sangat rendah di hadapan Allah.

“Kesombongan adalah pakaian-Ku, keagungan adalah sarung-Ku.Barangsiapa bersaing dengan-Ku dalam keduanya, Aku akan menyiksanya” (Hadits Qudsi).
Hati orang yang berpuasa harus berpuasa dari rasa iri dan dengki. Karena yakinlah bahwa semua amal kita akan hancur bila hati ini ada sifat iri dan dengki.
Rasulullah saw. pernah memberi tahu sampai tiga kali tentang seseorang dari shahabatnya yang termasuk penghuni surga. Ketika orang itu ditanya tentang mengapa ia masuk surga? Ia menjawab, ” Saya tidak tidur sementara dalam hati saya ada dengki, iri, atau khianat terhadap seseorang Muslim.” Artinya rasa iri dan dengki dapat menghalangi kita dari masuk surga.

· So … Gimana Sich .. Cara Lidah Berpuasa??

Adik-adik punya lidah?? .. Yah … Lidah adalah ibarat binatang buas yang berbahaya, ular berbisa dan api yang berkobar-kobar. Bahkan Rasul saw. pun mengingatkan kita akan lidah, “Hati-hatilah kamu dengan ini, (kemudian beliau menunjuk lidahnya)”
Ibnu Mas’ud berkata, “Demi Allah, tidak ada di dunia ini yang lebih berhak dijaga lebih lama dari lidah“.
Puasa lidah adalah terdiamnya lidah ini dalam berbohong, mencela, berkata kotor, menggunjing, ngerumpi, menghina dan merendahkan orang, berkata jahat dan lain-lain. Adik-adik harus ingat bahwa lidah dapat mengantarkan adik-adik ke surga, yakni dengan menggunakan lidah ini untuk berdzikir kepada Allah, tapiii … lidah pun dapat mengantarkan adik-adik ke neraka karena seringkali lidah ini dalam hal-hal yang tak disenangi oleh Allah.
Mu’adz bertanya, “Apakah kami akan disiksa akibat apa yang kami katakan, ya Rasulullah? Rasulullah saw. menjawab, “Ibumu menderita karena melahirkan kamu wahai Mu’adz. Manusia menelungkupkan muka ke neraka adalah karena akibat lidah mereka.”

· Inga .. Inga!! Mata pun Harus Puasa!!

Diantara manusia ada orang yang perutnya puasa dari minum dan makan, tetapi matanya terlena dalam hal-hal haram. Puasanya mata adalah menahan pandangan mata ini dari hal-hal haram. Tau gak akibatnya kalo pandangan mata ini dibiarkan bebas dengan sebebas-bebasnya? Salah seorang salaf berkata, “Suatu ketika saya gunakan mata untuk berbuat haram, lalu aku menjadi lupa Al Qur’an setelah 40 tahun menghafalnya”.
Selain itu … bila pandangan mata ini gak dijaga … maka hati kita akan selalu gundah gulana di setiap tempat. Coba dech … kalo kalian udah terbiasa memandang lawan jenis kalian. Mungkin pada saat itu gak kerasa apa-apa, tapi besok-besok … ketika kita lagi belajar … kita gak konsentrasi, lagi makan gak kerasa nikmatnya, waktunya tidur pun mata ini gak merem-merem. Karena kepikiran orang yang dulu kita pandang.
Jadi … inga – inga yach!! Mata adalah panglima, bila dilepas maka ia akan memangsa, dan bila diikat ia akan tunduk. Dan bila dibebaskan sebebas-bebasnya, maka ia akan membawa hati pada kehancuran.

· Kedua Telinga Kita Harus Puasa

“Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan dimintai pertanggungjawabannya.” (Al-Isra’: 36)

Telinga berpuasa dari mendengar kata-kata busuk, lagu, kata-kata jahat dan kotor. Kebanyakan umat Islam, apalagi kaum ABG Muslim, banyak memenuhi telinganya dengan nyanyian yang diharamkan dan kalimat yang kotor dan melenakan. Telinga orang yang berpuasa diarahkan untuk mendengarkan kata-kata yang indah dan tak membiarkan kata-kata keji masuk ke dalam telinganya.
Adik-adik .. makanan telinga adalah dzikir, ilmu yang bermanfaat, nasehat yang baik dan ucapan yang baik.

· Bagaiman Perut Berpuasa

Puasa perut adalah dengan menjauhi makanan yang haram ketika berbuka puasa. “Hai orang-orang beriman, makanlah diantara rizki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya saja kamu menyembah” (2: 172).
Abu Bakar ra pada suatu hari bersantap makan kemudian bertanya kepada pelayannya “dari mana asal makanan ini??? Si pelayan menjawab, “Dari hasil praktek perdukunan yang pernah saya lakukan dahulu pada waktu jahiliyyah”. Abu Bakar ra kemudian memasukkan tangannya ke dalam mulutnya dan bergetar, kemudian mengeluarkan makanan dari perutnya.
Selain itu juga saat berbuka haruslah bersifat sederhana. Puasa perut saat bersantap hidangan puasa adalah tidak memasukkan makanan secara berlebih-lebihan.

“Makan dan minumlah, dan jangan berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”. (Al-A’raf: 31).

Adik-adik … tau gak?? .. ada satu keistimewaan shaum dibandingkan ibadah-ibadah lainnya. Ibadah shaum adalah ibadah yang hanya untuk Allah swt, seperti yang tertera di hadits Qudsi, “Setiap amal ibadah anak Adam untuk dirinya, kecuali puasa, ia untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya, ia meninggalkan makan dan nafsu syahwat hanya untuk-Ku.”
Jadi keikhlasan dan kejujuran kita kepada Allah swt benar-benar diuji ketika shaum. Soalnya khan … gak ada yang ngeliat kalo kita gak puasa trusss … kalo mau bohong pun kita bisa. Kalo ibadah lain akan kelihatan kalo kita gak ngerjain, contohnya gak sholat atau berzakat (ya gak??? ..)
Setiap yang Allah perintahkan pasti ada hikmahnya bagi kita. Dia Maha Bijaksana dalam menciptakan dan memerintah. Dia tak pernah menciptakan dengan bathil dan tak pernah mensyariatkan sesuatu dengan percuma.
Ibadah puasa (shaum) mempunyai hikmah dan kemashlahatan yang cukup banyak. Apa aza sich hikmahnya?? .. Ayo kita bahas satu persatu …

Shaum dapat membersihkan jiwa

Kok bisa ya?? Iya.. soalnya dengan shaum kita belajar melatih jiwa agar selalu menghambakan diri secara total hanya kepada Allah. Dengan shaum kita selalu berusaha menahan diri dari hal-hal yang menjadi kesenangan jiwa. Jika mau .. ia dapat makan dan minum dengan mudah tanpa diketahui orang lain. Akan tetapi ia tinggalkan semua itu hanya untuk mencari ridho Allah semata.
Abu Hurairah ra meriwayatkan dalam hadits Qudsi:
“Demi Tuhan yang jiwaku berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah dibanding bau wangi misik. Ia meninggalkan makan, minum dan nafsu syahwat hanya untuk-Ku. Setiap amal ibadah anak Adam untuk dirinya, kecuali puasa, ia untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya.”

Shaum disamping mengandung manfaat klinis yakni untuk menjaga kesehatan badan, juga mengandung manfaat psikologis

Dalam shaum unsur rohani akan menang di atas unsur materi. Serta unsur akal akan menang di atas unsur syahwat. Seseorang yang sedang shaum akan senantiasa berusaha menjaga kualitas shaumnya sehingga ia akan menjaga setiap ucapan, pikiran dan tingkah lakunya agar pahala shaumnya tidak berkurang. Adik-adik suka merasa gitu gak?? .. ?? Misalnya ada temen kita yang shaum, teruss ngomongin orang lain alias ghibah, so .. kita harus cepet-cepet ngingetin dan bilang “awas .. lagi puasa”. Khan sayang ya kalo puasa kita Cuma dapet lapar dan haus aza. Oleh karena itu dengan puasa kita akan lebih mengutamakan ruhani dan akal kita dibanding nafsu dan syahwat kita.

Shaum berguna untuk mendidik kemauan, jihad (berjuang) melawan hawa nafsu, membiasakan berlaku sabar dan menahan kesenangan.

Manusia dituntut berlaku sabar dalam menjalankan ketaatan dan bersabar dalam meninggalkan maksiat. Dalam sebuah Hadits disebutkan,
“Puasa adalah perisai yang menyelamatkan dari neraka sebagaimana perisai seorang diantara kamu dari peperangan.”
Ketika puasa orang juga harus sabar, gak boleh cepet marah, karena marah termasuk hawa nafsu yang datangnya dari syaiton (setan). Jadi kalo mo latihan sabar menahan amarah, coba dech dengan puasa. OK!!

Shaum dapat menahan/melemahkan nafsu syahwat terhadap lawan jenis terutama apabila shaum tersebut dikerjakan secara teratur hanya karena mengharapkan ridho Allah swt. Oleh karena itu kalau misalnya kita lagi “suka” sama lawan jenis cobalah lawan dengan puasa. Karena perasaan sebelum menikah harus ditekan, agar tidak menjurus kepada hal-hal yang mendekati zina. Nabi saw. menganjurkan kepada para pemuda yang belum mampu menikah agar mau shaum.
“Wahai segenap pemuda, barangsiapa ada diantara kamu yang belum mempunyai kemampuan hendaklah menikah, karena nikah dapat merendahkan pandangan mata dan dapat lebih menetralisir keinginan seksual. Barangsiapa yang tak mampu untuk menikah, maka hendaklah berpuasa karena puasa dapat menahan nafsu syahwat.”

Shaum dapat menjadikan orang yang melakukannya selalu ingat akan nikmat Allah

Ketika ia lapar, ia akan merendahkan diri dan akan selalu ingat kepada-Nya dan apabila ia kenyang, maka ia akan selalu memuji dan banyak bersyukur kepada-Nya atas nikmat kenyang.

Shaum juga dapat menyebabkan tumbuhnya jiwa sosial

Setiap orang dalam shaum dipaksa lapar, walaupun ia seorang yang mampu (kaya). Ia dipaksa untuk sama-sama merasa lapar dan menderita seperti yang sering dirasakan oleh fakir miskin. Maka seharusnya latihan shaum dapat menumbuhkan rasa kepedulian sosial, mengajak kepada saling mengasihi dan menyayangi dan lebih giat dalam bersedekah, membantu kaum yang membutuhkan. Oleh karena itu amal yang paling besar pahalanya di bulan Ramadhan adalah memberi makan orang yang berpuasa seperti bunyi hadits berikut ini, “Barangsiapa memberi makan orang yang berpuasa, baginya pahala seperti orang yang berpuasa, tidak kurang sedikitpun.”

Inti dari semua itu adalah shaum dapat menyiapkan manusia ke derajat taqwa dan mengangkatnya ke derajat muttaqin.

Subhanallah ya adik-adik … begitu banyak hikmah shaum, ternyata puasa tidak hanya mengadu kuat nggak makan dan minum aja lho… Gimana ..?? jadi kepengen shaum khan .. ?? Nach .. sebentar lagi khan Bulan Ramadhan .. ya. Setiap muslim diwajibkan shaum di bulan tersebut. Dalilnya ada dalam Al Qur’anul Karim surat Al Baqarah ayat 183 – 185.

Abu Hurairah ra meriwayatkan sebuah hadits dari Rasulullah saw.,
“Barangsiapa berpuasa di Bulan Ramadhan karena iman dan mencari pahala dari Allah maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lewat. Dan barangsiapa melakukan amal ibadah tambahan (sunnah) di Bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka ia akan diampuni segala dosanya yang telah lalu.”
Mau khan diampuni dosa kita yang bertumpuk-tumpuk itu?? Makanya kita harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menyambut bulan Ramadhan, kesehatan harus dijaga.. jangan sampai sakit. Di bulan Ramadhan ini juga hendaknya memperbanyak tilawah, selain itu sunnah yang memiliki keutamaan untuk dikerjakan adalah:

· Cepat berbuka

Rasulullah saw. bersabda, “Manusia akan selalu baik, selama mereka cepat berbuka. Berbeda dengan orang yahudi dan nasrani yang selalu mengakhirkan waktu berbuka.”

· Sahur dan mengakhirkannya

Hal ini dimaksudkan agar dapat memberi kekuatan bagi orang yang berpuasa. Sabda Nabi saw., “Bersahurlah kamu, karena di dalam sahur terdapat berkah.”

· Membersihkan diri dari perkataan kotor, mencerca dan perkataan yang tiada guna

Shaum yang benar-benar diterima adalah shaum dimana lidah dan seluruh anggota badannya juga ikut berpuasa dari melakukan maksiat kepada Allah swt. Rasulullah saw. bersabda, “Puasa itu bukan hanya menahan dari makan dan minum, tetapi puasa adalah menahan dari kata-kata kosong dan jorok.”

· Bangun malam bulan ramadhan dan sholat tarawih

Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa berqiyamul lail bulan Ramadhan karena iman dan mencari pahala dari Allah, maka dosa yang telah lewat akan diampuni.”
Tarawih adalah sholat yang telah menjadi atsar dan dilaksanakan oleh orang-orang Islam dengan berjamaah di masjid setelah sholat Isya. Boleh 11 rakaat (3 witir), boleh juga 23 rakaat.

· Memanfaatkan bulan ramadhan untuk dzikir, taat dan bershodaqoh

Ramadhan adalah sarana untuk menyebarkan kebaikan, dimana amal kebaikan akan diberi pahala yang berlipat ganda dan ampunan dimurahkan, kesenangan untuk berbuat baik akan bertambah. Orang yang sangat merugi adalah orang-orang yang tak mendapatkan rahmat dari Allah. Bagaimana sich cara mendapatkan rahmat Allah?? .. caranya ialah dengan mendekatkan diri kepada-Nya, bersungguh-sungguh dalam berdzikir serta beribadah yang baik kepada-Nya. Kalau Allah merahmati dan sayang kepada kita insya Allah hidup ini akan terasa mudah dan indah … OK!!
Rasulullah saw. bersabda, “Apabila datang bulan Ramadhan, maka dibukakanlah pintu-pintu neraka dan setan dibelenggu.”
Yang patut dikerjakan dengan bersunguh-sungguh bagi orang yang shaum adalah bermurah hati, berbuat kebaikan, ber’ammar ma’ruf nahi mungkar, dan memberi makan.

· Membaca doa sepanjang hari, khususnya ketika berbuka

Dzikir dan do’a sangat dipentingkan bagi orang yang sedang berpuasa, tetapi yang lebih dipentingkan lagi adalah ketika berbuka.
Sabda Nabi saw., “Sesungguhnya orang yang berpuasa ketika berbuka do’anya tidak akan ditolak” (HR Ibnu Majah).
“Tiga golongan yang do’anya tak akan ditolak, yaitu imam yang adil, orang yang berpuasa ketika berbuka dan do’anya orang yang teraniaya.” Dalam riwayat lain “dan orang yang berpuasa sehingga ia berbuka” (HR Abu Hurairah).

· Bersungguh-sungguh pada Al ‘asyrul awakhir (10 hari terakhir bulan ramadhan)

Yah… itulah sekelumit tentang Ramadhan… Subhanallah .. indah yach Bulan Ramadhan. Kakak mengajak adik-adik untuk menyambut Bulan Ramadhan dengan penuh kegembiraan. Dannnn … jangan lupa untuk berpuasa dengan sebenar-benarnya puasa sebagaimana yang telah kakak terangkan tadi … OK!
Sebelum ditutup .. mari kita nyanyikan sebuah nasyid … judulnya “Ramadhan”

Bulan Ramadhan … Bulan penuh mulia
Bulan Ramadhan … Bulan penuh barokah
Bulan Ramadhan … Bulan penuh ampunan
Bulan Ramadhan … kusayang padamu
Bulan Ramadhan … kuharap selalu

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

By: Anonim Bogoriense (Materi Mentoring Islam SMP)

Satu Tanggapan to “Marhaban Ya Ramadhan”

  1. mba' dee Says:

    assalamualaiku… ikut ngopy materi ya…
    moga yg jd ladang amal bg penulis…
    jazakallah….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: