Tamasya Ke Neraka


Assalamu’alaikum wr wb

Alhamdulillah yach, kita bisa berkumpul dengan membawa nikmat sehat yang Allah berikan sampai sekarang, walaupun diantara kita mungkin ada yang laper, haus, ngantuk yang InsyaAllah akan dibalas oleh Allah dengan pahala. Ya… adik-adik.
Sekarang sebelum masuk pada pembahasan materi kakak mau nanya nich, siapa yang suka piknik atau tamasya ? ayo sipa ? biasanya kemana ? Nah… sekarang kita mau tamasya nich, mau ikut ‘nggak ?. ayo tebak kemana coba ? Dan adik-adik jangan kaget dulu yach ! kita akan tamasya ke neraka. Tapi bukan neraka beneran yach (siapa coba yang mau ke neraka ? )sekarang kita akan membahas tentang neraka.
Penghuni neraka itu banyak sekali yach.. adik-adik mungkin kalau dibahas satu-satu, satu hari ‘nggak bakalan cukup. Nah, sekarang kita akan membahas tiga golongan yang akan masuk neraka, yaitu orang yang munafik, orang yang tidak mau membayar zakat dan orang yang mencampur adukkan antara yang halal dengan yang bathil.


*) Golongan Orang Munafik

Adik-adik tahu ‘nggak siapa sich golongan orang munafik itu ? iya betul, yaitu golongan orang yang selalu berpura-pura dalam beriman dan dalam beragama. Di zaman Rasulullah juga banyak orang munafik. Misalnya begini, kalau didepan Rasulullah meraka mengaku beriman tetapi kalau dibelakang mereka membela orang-orang kafir. Nah…., Adik-adik tahu ‘nggak ciri-ciri orang munafik ? Rasulullah bilang bahwa ciri-ciri orang munafik itu ada tiga, yaitu jika berbicara selalu bohong, jika berjanji selalu ingkar, dan jika dipercaya selalu khianat. Ayo siapa yang suka bohong dan ingkar janji ? ‘Nggak ada yach.
Allah sangat membenci orang-orang munafik, sehingga orang munafik akan menerima azab yang sangat pedih dan akan ditempatkan didalam neraka yang paling bawah, sesuai dangan firman Allah dalam surat An-NIsa 145 yang artinya : “Sesungguhnya orang munafik itu (ditempatkan) dari tingkat yang paling bawah sekali dalam neraka, dan engkau tidak akan memperoleh penolong baginya. Nauzubillahimindzalik


*) Golongan Orang yang tidak Mau Membayar Zakat

Nah, selain orang munafik, orang yang tidak mau membayar zakatpun akan dimasukkan kedalam neraka. Dineraka mereka menjerit kesakitan, soalnya harta meraka yang tidak dizakati itu akan dibangkitkan menjadi ular yang berbisa dan melilit tubuhnya (ihh… seram yach adik-adik). Selain itu orang yang suka memakan harta anak yatim didalam neraka akan memakan bara api yang sangat panas.

*) Orang yang memcampur adukan antara yang halal dengan yang bathil

Nah,.. Sekarang golongan yang akan masuk neraka yaitu orang yang mancampuradukan yang halal dengan yang haram dan yang hak dengan yang bathil, golongan ini selain mengerjakan perintah Allah juga melakukan larangan-Nya. Golongan seperti kelak dineraka akan ditarik perutnya kedepan sampai panjang lalu perutnya itu diputar.
Sekarang Adik-adik pengen tahu nggak keadaan neraka? Gini yach, batu dineraka itu diibaratkan dengan batu belerang didalam perut gunung api. Dan manusia didalam neraka itu diibaratkan kayu, semakin banyak bahan bakarnya maka apinya semakin menyala. Terus api didunia tidaklah seberapa hanya seperti sis-sis api neraka, seperti apa yang diceritakan dalam kitab Duratin-Nasihin: Ketika Nabi Adam diturunkan ke dunia maka malaikat memohon kepada Allah untuk membekalkan api untuk keperluan Nabi Adam.
Allah memerintahkan malaikat untuk menemui malaikat Malik, penjaga neraka untuk megambil api, lalu malaikat malik memberitahukan ” sekiranya malaikat mengambil api dari neraka sebesar biji sawi untuk diletakkan di bumi maka hanguslah bumi ini”. Mendengar jawaban itu malaikat itu menghadap Allah. Maka Allah memerintahkan mengambil sebesar tepung. Malaikat itu kembali menemui malaikat Malik.
Malikat Malikpun berkata ” Kalau diambil sebesar tepung maka tidak akan hidup tumbuhan dibumi karena panasnya”. Akhirnya malaikat itu diperintahkan mengambil sebesar atom, kemudian dicelupkan kedalam 70 lautan, kemudian diletakkan diatas gunung. ketika malaikat itu maletakkan api diatas sebuah gunung maka hancurlah gunung tersebut. Maka diperintahkan supaya api sebesar atom itu di kembalikan kedalam neraka. Jadilah sIsa bekas asap itu untuk digunakan oleh Adam dan anak cucunya diatas bumi ini.
Coba bayangan Adik-adik panas benget khan..? Api yang sekarang hanyalah bekasnya saja bukan api yang sebenarya. Jadi semoga kalau kita tahu gimana panasya api neraka kita bakal lebih hai-hati dalam berperilaku. Semoga Allah menjauhkan kita dari api neraka.


Wassalamu’alaikum Wr.Wb

By Anonim Bogoriense (Kumpulan Materi Mentoring Islam SMP)

2 Tanggapan to “Tamasya Ke Neraka”

  1. AlexM Says:

    Your blog is interesting!

    Keep up the good work!

  2. Insyaallah Says:

    Ass wr wb, yg di maksud 70 lautan?
    itu laut di planet mana?
    jika pantai mungkin ada lebih dari 70.

    terimakasih

    wassalam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: