Akhlak Ketika Menjenguk yang Sakit


Segala puji bagi Allah, Tuhan pencipta alam semesta, pencipta langit, dan bumi serta keseluruhan isinya, dan yang menyuruh hamba-Nya untuk saling mengasihi, tolong menolong dalam hal kebaikan dan saling mencegah dalam kemungkaran.

Rasulullah Shallalaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda :
Hak seorang muslim terhadap muslim lainnya ada 6 perkara :
1. Apabila engkau bertemu dia, hendaklah engkau memberi salam kepadanya
2. Dan apabila ia mengundangmu, hendaklah engkau perkenankan undangannya.
3. Dan apabila ia meminta nasehat, hendaklah engkau memberi nasehat kepadanya.
4. Dan apabila ia bersin, lalu berkata” Alhamdulillah”, hendaklah engkau doakan ia.
5. Dan apabila ia sakit, hendaklah engkau melawatnya (mengunjunginya).
6. Dan apabila ia meninggal dunia, hendaklah engkau turut mengantar jenazahnya.

(H.R Muslim)

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari, dijelaskan bagaimana mendo’akan yang bersin, setelah ia mengucapkan “Alhamdulillah”, maka bagi yang mendengarkannya hendaklah berkata, “Yarhamukallah”  yang artinya “mudah-mudahan engkau mendapat Rahmat Allah”. Selanjutnnya yang bersin tadi hendaknya menjawab ” Yahdikumullahu“  artinya “mudah-mudahan Allah menunjuki engkau”. Demikian keterangan dari hadist yang diriwayatkan Bukhari dari Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu.

Semoga apa yang telah digariskan oleh Rasulullah S.A.W tersebut diatas dapt kita amalakan dalam wujud perbuatan kita, ikhlas karena Allah S.W.T. semata, amin ya rabbal ‘alamin.

Akhlak ketika Menjenguk yang Sakit

Melawat atau melihat seseorang Muslim yang sakit adalah hak atas muslim lainnya untuk melawatnya atau melihatnya dengan tidak memandang ringan atau beratnya penyakit yang dideritanya. Satu contoh, sewaktu sahabat Nabi Shallalaahu ‘alaihi wa Sallam,  Zaid bin Arqam menderita sakit; “Telah berkata Zaid bin Arqam : Rasulullah S.A.W. pernah melawat saya (dikala saya) sakit mata”.(H.R. Abu Daud)

Kalau kita perhatikan disini, penyakit yang diderita oleh sahabat Zaid bin Arqam, adalah suatu penyakit yang boleh dikatakan ringan, yakni ’sakit mata’. Tetapi sekalipun demikian, Nabi S.A.W. mengunjunginya. Disini dapat kita tarik satu kesimpulan, bahwa ringan atau beratnya penyakit yang diderita seorang Muslimin bukanlah menjadi masalah.
Oleh sebab itu, apabila salah seorang muslim menderita sakit, sekalipun sakit yang dideritanya itu ringan, maka hendaknya kita menengoknya.  Seseorang yang sakit, kemudian mendapat kunjungan dari saudara yang lainnya, Insya Allah akan gembira hatinya dan penderitaannya akan sedikit terobati.

Kemudian dalam  melawat si sakit, disunahkan mendoakannya:
Artinya: ”Ya Allah,Tuhan umat manusia. Hilangkanlah penyakit, sembuhkanlah. (sesungguhnya) tidak ada kesembuhan melainkan penawar-Mu,  penawar yang tidak diikuti oleh penyakit.(H.R. Bukhari Muslim)

Dalam melawat seorang muslim yang menderita sakit, disunnahkan tidak memakan makanan apapun disitu, walaupun dijamu atau dihidangkan oleh ahli bait (rumah) itu. Tentunya hal ini harus dilakukan dengan bijaksana sehingga tidak menyinggung perasaan tuan rumah. Rasulullah Shallalaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda : “Apabila seseorang dari pada kamu melawat orang (muslim) sakit, maka janganlah memakan apa-apa disitu. Barang siapa memakannya, maka makanan itulah yang jadi (ganjaran) bagi lawatannya itu.” (H.R. Dailami).
Sebaliknya kita disunnahkan membawa makanan ketika melayat kepada yang sakit. “Barang siapa memberi makan orang sakit, barang (makanan) yang ia inginkan, niscaya Allah akan memberi makanan dari buah-buahan surga”.(H.R. Thabrani).

http://blog.its.ac.id/indramuslim/2008/01/26/akhlak-ketika-menjenguk-yang-sakit/

Satu Tanggapan to “Akhlak Ketika Menjenguk yang Sakit”

  1. nun1k04a Says:

    Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur http://www.infogue.com/info/cinema/& http://www.infogue.com/game_online & http://www.infogue.com/kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://agama.infogue.com/akhlak_ketika_menjenguk_yang_sakit


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: