Mentoring Al-Islam: Bedah Buku “Bukan Sekedar Kerudung Gaul” bersama Ust. Burhan Sodiq


ACARA bedah buku yang dihadiri oleh mahasiswa angkatan pertama Fakultas Psikologi ini digelar oleh Program Mentoring Al-Islam Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Solo, Jawa Tengah, sebagai upaya pemvariasian dan penyegaran dalam aktivitas mentoring yang digelar secara rutin dan periodis setiap sabtu pagi di kampus UMS.

Setiap pagi di hari Sabtu, kegiatan mentoring digelar dengan adanya pengelompokan (sistem halaqah) mahasiswa peserta Program Mentoring di bawah bimbingan satu mahasiswa senior sebagai mentor. Kakak mentor, sebutan bagi mahasiswa senior yang sudah menjadi mentor, menyampaikan beragam materi terkait ilmu-ilmu keislaman, seperti Al-Qur’anHaditsSirah Nabawiyah, sampai materi terkait Kemuhammadiyahan.

Acara bedah buku ini menghadirkan seorang penulis dan ustadz muda, Burhan Sodiq yang membedah buku terbarunya yang berjudul ‘Bukan Sekedar Kerudung Gaul’. Dalam buku terbitan Gazza Media ini, ustadz Burhan Sodiq membahas fenomena tentang adanya kecenderungan kaum wanita muslim, terutama remaja dan mahasiswi yang mereduksi makna busana muslimah yang hanya semata tren belaka.

Ustadz muda alumni program Sastra Inggris, Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS ini juga menawarkan pandangan baru dan aneka tips untuk dipraktikkan secara mudah bagi para mahasiswi agar bisa tampil dengan lebih percaya diri dengan busana muslimah yang telah dipilihnya secara sadar sebagai seorang muslimah.

Menurutnya, memakai busana muslimah yang sempurna menutup aurat bagi perempuan muslim memang memerlukan proses.  Perempuan yang konsisten dengan busana muslimahnya juga harus tegar dan kuat menghadapi tantangan karena keputusannya untuk berjilbab. Mengenakan busana muslimah berupa jilbab juga harus dimotivasi secara utama oleh semata karena syariat Allah, bukan tren atau demi pergaulan (social head scarf) belaka.

Ustadz yang produktif menulis buku-buku dakwah bagi remaja dengan tulisan yang cair dan gaul ini juga memesankan bahwa meski menutupi tubuh dengan jilbab adalah hal penting bagi para muslimah, akhlak dan lisan seorang muslimah juga mesti dijaga. Perilaku ghibah atau gemar bergunjing yang biasa ditemui di kalangan wanita, harus dijauhi.

“Tubuh harus dijilbabi, namun lisan juga harus dijilbabi,” tutur ustadz berputra empat ini.

Sumber: http://psikologi.ums.ac.id/mentoring-al-islam-bedah-buku-bukan-sekedar-kerudung-gaul-bersama-ustadz-burhan-sodiq/1392/

Iklan
Ditulis dalam Suplemen. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: