Fiqh dan Adab Seputar Tidur dan Istirahat (Powerpoint)


Mengapa persoalan tidur perlu dibahas begitu mendetil kali ini ? Bukankah ia sekedar kebiasaan fitrah belaka yang tak harus dihubung-hubungkan dengan syariah. Pertama kita harus sepakat bahwa agama Islam mengatur seluruh rangkaian aktifitas manusia, indoor dan outdoor, dari mulai bangun pagi sampai beranjak tidur. Yang kedua, kegiatan tidur adalah aktifitas manusia dengan durasi yang tidak bisa diremehkan.

Jika kita ambil sampel sederhana, berapa jam sehari kita menggunakannya untuk tidur dan beristirahat, maka akan keluar prosentase sekitar sepertiga atau bahkan lebih dari 24 jam sehari yang kita miliki. Jika diperluas lagi, maka hampir-hampir dalam seumur hidup kita, sepertiganya kita gunakan untuk tidur semata. Jika seorang berusia 60 tahun, maka 20 tahun diantaranya adalah buaian alam mimpi belaka.

Sepertiga dari total kehidupan kita adalah bukan durasi waktu sebuah kegiatan yang pantas untuk dilalaikan. Perlu kesungguhan sekaligus pemahaman untuk menerapkan “tidur dan istirahat’ yang sesuai aturan syariah, hingga benar-benar berbuah pahala. Inilah yang ditangkap dengan cepat oleh sahabat Muadz bin Jalan yang mengatakan : Sungguh aku ini mengharapa pahala dalam tidurku, sebagaimana aku mengharap pahala dari solatku “. Maka marilah jadikan tidur kita bukan hanya kebiasaan semata, namun juga ladang kita mendulang pahala.

Download Powerpoint  Fiqh dan Adab seputar Tidur dan Istirahat (Klik di sini!)

Sumber: http://www.indonesiaoptimis.com/2012/03/download-powerpoint-fiqh-dan-adab.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: