Sepuluh Insight Tentang Anak Muda


muslim muda kreatifAda tiga kelompok konsumen yang sekarang ini sangat mempengaruhi pasar, antara lain women, netizen, dan youth atau anak muda. Di antara ketiganya, anak muda memiliki keistimewaan tersendiri karena segmen ini adalah pasar masa kini dan juga pasar masa depan. Kemudian, populasi anak muda sekarang ini di Indonesia sangat besar. Ada sekitar 84 juta atau 39% anak muda dengan rentang usia antara 14-35 tahun.

Dengan pasar yang sedemikian besar ini tentu saja menarik bagi marketer untuk menggarapnya. Hanya saja, perlu diingat bahwa karakter anak muda itu sangat dinamis dan selalu harus dengan perubahan. Untuk itu, marketer perlu mengetahui secara mendalam apa yang ada di segmen ini. Berikut insight yang ada di anak muda zaman sekarang yang dipaparkan oleh Joseph Kristofel, Research Manager MarkPlus Insight dalam Marketeers Dinner Seminar:

Pertama, anak muda sekarang jauh lebih berdaya secara ekonomi dibandingkan generasi sebelumnya. Artinya, daya beli kelompok     ini sekarang lebih tinggi dari era sebelumnya.

Kedua, dibandingkan generasi sebelumnya, anak muda sekarang berani mengambil keputusan untuk menikah di usia muda. Dengan begitu, produk yang bisa diserap oleh segmen ini bukan saja produk lifestyle, namun juga produk-produk rumah tangga, dan produk bayi bila mereka sudah menikah dan punya anak.

Ketiga, dengan meningkatnya daya beli, alokasi untuk belanja produk-produk, seperti gadget, food & beverages juga meningkat. Kemudian, belanja untuk komunikasi pun bertambah dan bahkan menjadi salah satu kebutuhan pokok mereka.

Keempat, kelompok ini mulai meninggalkan media cetak. Mereka mencari informasi dan berinteraksi melalui internet.

Kelima, anak muda bahkan sudah bosan dengan portal-portal berita. Media sosial menjadi pilihan dalam mengupdate perkembangan dunia terkini.

Keenam, kelompok ini semakin tidak tertarik dengan komunitas-komunitas offline.

Ketujuh, dunia politik sekarang menjadi daya tarik kelompok anak muda. Jokowi menjadi salah satu inspirasi sebagian anak muda untuk terjun ke politik.

Kedelapan, kesadaran pada hidup sehat juga semakin tinggi di kelompok anak muda. Anak muda mulai berhenti merokok dan  tidak atau berhenti minum-minuman keras.

Kesembilan, ada peningkatan di kalangan anak muda untuk berbelanja secara online. Alasan terbesar yang muncul adalah tidak perlu pergi ke toko lagi.

Kesepuluh, anak muda sekarang mulai sadar pada bahaya narkoba dan semakin besar yang menolak kehidupan seks bebas.

 

Sumber: http://the-marketeers.com/archives/sepuluh-insight-tentang-anak-muda.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: