Strategi ‘Gowes’: Menggali, Mencari, dan Menangkap Kegelisahan Pasar dalam Rangka Menumbuhkan Minat Positif di Kalangan Anak Muda


fixieDalam era globalisasi dan modernisasi segalanya menjadi lebih mudah untuk dilakukan, termasuk komunikasi dapat ditempuh dengan cara yang sangat mudah pula. Salah satu yang diuntungkan dalam kemudahan berkomunikasi ini adalah proses pemasaran suatu produk. Dengan masuknya kecanggihan arus teknologi yang sangat deras di Indonesia ini, seperti internet salah satunya, telah mendekatkan pemasar dan konsumen. Hal ini yang disebut dengan era pemasaran baru yang disebut dengan New Wave Marketing, di mana pemasar dituntut lebih memahami anxieties dan desires dari pasar, salah satu contoh kesuksesan penerapan pemasaran secara horizontal ini adalah fenomena sepeda Fixie (fixed gear).

Disebut fixed gear karena gigi belakangnya yang tetap pada tempatnya, tidak dinamis. Kita tidak bisa asal meng’gowes’ pedal ke belakang karena akan membuat sepeda berjalan mundur. Selain itu keunikan sepeda ini juga karena tidak memiliki rem. Warna-warni dan desain minimalisnya pun turut mendukung kepopulerannya. Trend yang menjamur ini merupakan dampak dari “virus” yang tersebar di internet. Anak muda yang mayoritas adalah pengguna internet (netizen) dengan mudah terjangkit virus tersebut. Lahirnya bentuk yang unik dan dapat digunakan sebagai salah satu alat kampanye Go Green inilah yang membuat fixie menjadi jawaban yang tepat atas kegelisahan dan impian anak muda.

Terbukti dengan ramainya perbincangan anak-anak muda di jejaring sosial katakanlah Facebook dan Twitter. salah satu contoh akun Twitter bernama ‘@fixielicious’ yang memiliki follower lebih dari 3000, timeline (TL) nya sibuk membicarakan jual beli onderdil, even-even, dan info lain seputar sepeda Fixie. Di ‘alam’ Facebook pun tak kalah ramainya, para komunitas fixie yang membuat akun fan page setidaknya berjumlah 20 komunitas lebih. Melewati forum-forum tersebut mereka dapat mendiskusikan desain-desain frame dan warna untuk sepeda mereka, onderdil yang dibutuhkan, dan lain sebagainya. Inilah yang disebut dengan impian dan kegelisahan pasar yang berhasil ditangkap oleh para pemasar dan produsen.

Melihat kesempatan emas tersebut United Bike sebagai salah satu pentolan produsen sepeda di Indonesia memutuskan untuk memproduksi sepeda jenis fixie pula. United Bike adalah sebuah Sukses dengan sepeda fixie Soloist dan Evolution-nya, United Bike berhasil memasuki gerbang era New Wave Marketing dengan produk yang edukatif dan bernilai guna tinggi bagi pasar.

Ungkapan “Strategi Gowes” yang terinspirasi dari fenomena fixie yang menjamur dapat diartikan sebagai aktivitas pemasaran di era New Wave Marketing yang smart, dimana kecanggihan teknologi dimanfaatkan untuk menghidupkan kembali barang lama dan menyulapnya menjadi sesuatu yang positif dan bernilai guna lebih. Berkaca pada fenomena fixie, diharapkan pemasar produk lain dapat mengikuti cara sepeda fixie dan United Bike untuk menghidupkan kembali produk lama yang sempat tenggelam, contohnya sepatu roda. Dengan strategi pemasaran yang tepat didukung oleh teknologi dan kejelian pemasar dalam menangkap impian dan kegelisahan pasar, bukan tidak mungkin lagi trend sepatu roda akan menemukan kembali kejayaannya seperti pada era ‘90an.

 

 

 

 

* Oleh : Annisa Briliyani, Monika Ayuningtyas, Aristiana H.

* Referensi :

Kertajaya, Hermawan. Anxieties/Desires.2011. Jakarta:Kompas Gramedia

 

Kertajaya, Hermawan. New Wave Marketing: The World is Still Round, The Market is Already Flat. 2011.Jakarta:Kompas Gramedia

Fixie ceruk baru di bisnis sepeda : http://swa.co.id/2011/05/fixie-ceruk-baru-di-bisnis-sepeda/ diakses pada 13 Juli 2011

http://id-id.facebook.com/pages/United-Soloist-Fixie/178835565484161 diakses pada 13 Juli 2011

http://202.59.162.82/cetak.php?cid=1&id=8377&url=http%3A%2F%2F202.59.162.82%2Fswamajalah%2Fwarkat%2Fdetails.php%3Fcid%3D1%26id%3D8377diakses pada 13 Juli 2011

http://sepeda.sportku.com/berita/commuter-lifestyle/fixed-gear/6399-sepeda-fixie-semakin-merajalela-di-kotakota-besar-di-indonesia diakses pada 13 Juli 2011

http://www.unitedbike.com/products.php?category=OT diakses pada 13 Juli 2011

http://the-marketeers.com/archives/strategi-%E2%80%98gowes%E2%80%99-menggali-mencari-dan-menangkap-kegelisahan-pasar-dalam-rangka-menumbuhkan-minat-positif-di-kalangan-anak-muda.html

Ditulis dalam Wawasan. Tag: , . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: